Find us on Google+

Go Budi Blog

Kumpulan Tips Trik News Artikel Menarik Dan Tutorial

Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Salah satu cara agar cepat hamil adalah berhubungan saat si wanita dalam keadaan masa subur,
Masa subur merupakan hari dimana seorang wanita akan bisa hamil jika dibuahi,
akan tetapi Sebanyak 42 persen wanita tahu kapan masa subur mereka, sementara pria hanya 27 persen yang memahaminya. Meskipun demikian, pengetahuan wanita bertambah setelah mereka tua, sayangnya tidak demikian dengan pria.
Seks tidak memberi banyak perubahan tentang pengetahuan kesuburan. Namun pendidikan seks dan konsultasi dokter yang memberi dampak besar bagi pengetahuan kesuburan.
Meskipun tidak tahu masa suburnya sendiri, sebagian besar wanita justru memanfaatkan perhitungan kalender secara manual untuk mencegah kehamilan.

Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita


Berikut adalah Cara Menghitung Masa Subur Wanita:


  • Cara mengetahui kapan masa subur wanita dengan memeriksa kesehatan fisik

Pasangan baik suami atau istri, sebaiknya memeriksakan kesehatan fisik sebelum memutuskan untuk menjalani program kehamilan. Pastikan kedua belah pihak tidak memiliki penyakit menular seksual, infeksi pada daerah kelamin dan reproduksi, atau kondisi lain yang menghalangi kesempatan untuk hamil. Bila Anda telah menikah beberapa tahun dan tak kunjung hamil, minta dokter melakukan pemeriksaan lengkap mengenai penyebabnya.


  • Cara mengetahui masa subur dengan memeriksa lendir mulut rahim atau cervical mucous (CM)

 Pada hari pertama setelah periode haid CM akan cenderung kering dan rapuh, jika masa ovulasi akan datang CM menjadi lebih lengket dan basah yang menandakan awal masa subur. CM yang terasa seperti putih telur mentah, menandakan ovulasi yang sangat dekat bisa terjadi dalam waktu beberapa jam saja, dan ini merupakan waktu yang paling subur bagi wanita.


  • Cara mengetahui masa subur dengan tes urin. Penentuan masa subur juga dapat dilakukan dengan cara tes urine

Cara ini memang menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan akhir-akhir ini. Dengan peralatan yang dibuat sepraktis mungkin seperti halnya test pack untuk kehamilan. Konsumen tinggal memasukkan contoh urine ke dalam alat tersebut untuk mendeteksi hormon luteinising yang memicu ovulasi.


  • tips hamil dengan melakukan hubungan seks sebelum ovulasi

Sperma bisa berkembang di uterus dan di tuba falopi selama dua hingga tiga hari. Tetapi telur hanya bisa bertahan 12 jam hingga sehari setelah dilepaskan. Berhubungan seks sebelum ovulasi memperbesar kesempatan bertemunya sperma dengan ovulasi.
sumber: www.azrut.com



  • Cara menghitung masa subur dengan sistem kalender

Sistem Kalender caranya dengan menghitung hari haid terakhir ditambah 13 untuk menentukan hari subur, sedangkan saat prasubur dihitung dengan mengurangi dan menambahkan masing-masing 3 hari.Jadi, misalkan haid terakhir tanggal 7, saat ovulasinya adalah tanggal 20=(7 + 13). Sedangkan saat-saat prasubur antara tanggal 17 = (7+13-3) sampai tanggal 23=(7+ 13 +3). Sayang cara menghitung masa subur ini banyak kekurangannya. Antara lain: efektivitasnya tergolong rendah sekitar 60-70 persen, karena harus dihitung secara manual sehingga perlu kecermatan dan ketelitian.

  • kalkulator masa subur

Masa subur wanita setelah haid dapat diukur melalui rumus berikut
hari subur = tanggal haid terakhir + 13 hari
hari pra subur = tanggal haid terakhir + 13 hari – 3hari sampai tanggal haid terakhir + 13 hari + 3hari
cara menghitung masa subur ini hanya cocok buat mereka yang siklus mentruasinya teratur antara 28-35 hari. Tak bisa diandalkan sepenuhnya untuk mencegah kehamilan. Soalnya pengeluaran sel telur dapat bergeser harinya, terutama bila ada gangguan emosi. Belum lagi pola hidup semisal kebiasan merokok clan asupan gizi buruk yang berpengaruh pada produksi hormon pengatur kelenjar endokrin. Saat-saat tepat kapan sel telur keluar hanya berdasarkan perkiraan saja. Paling tidak, dibutuhkan kecermatan mencatat minimal 6 kali siklus haid. Saat keluarnya sel telur diperkirakan dengan mengurangi 3 hari pada siklus terpendek dan menambahkan 3 hari pada siklus terpanjang. Dari catatan itulah bisa diketahui saat-saat yang aman dan “berbahaya”.
Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita

  • Cara menghitung masa subur wanita dengan pengukuran suhu basal

Pengukuran Suhu Basal Cukup dengan memasang termometer di satu tempat secara tetap yakni di bawah lidah atau dimasukkan ke dalam dubur. Jangan di ketiak karena berpeluang ter-jadi penyimpangan. Akurasinya mencapai 80% asalkan di-lakukan secara teratur pada jam tertentu Grafik peningkatan suhu ini akan melandai turun bersamaan dengan berlalunya masa subur sampai tiba siklus haid berikutnya. Sedangkan bila grafik suhu tetap tinggi sampai 3 minggu, sementara wanita yang bersangkutan tidak sedang flu, pertanda ia sudah hamil.

  • Menghitung masa subur dengan mengamati adanya lendir kesuburan

Lendir Kesuburan Dihasilkan setiap wanita dalam waktu amat terbatas. Yakni menjelang sel telur akan melepaskan diri dari indung telur. Lama dan jumlah produksi lendir kesuburan, berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya. Wanita yang sangat subur, bisa meng-hasilkan kesuburan selama 5 hari. Sementara yang kurang subur atau sulit hamil, selain jumlahnya sedikit, masa produksi lendir kesuburan hanya beberapa jam saja. Mereka inilah yang perlu ekstra jeli mengamati produksi lendir kesuburan bila ingin hamil. Dalam keadaan subur, lendir bersifat amat elastis hingga ketika ditarik pun seolah tak ada habis-habisnya karena tidak pernah terputus. Jika diperiksakan di bawah mikroskop, lendir memperlihatkan gambaran seperti pohon pakis atau pohon cemara. Orang awam dengan mata telanjang tentu agak sulit menilai kesuburan seseorang lewat lendir kesuburan. Tak heran bila efektifitasnya hampir sama dengan sistem kalender bila tanpa dibantu alat yang menggunakan media lain. Penting diingat, kehadiran lendir kesuburan hanya bersifat sementara dan bukan sepanjang siklus haid, sama sekali tidak berbau, dan tidak gatal.
sumber:http://www.manfaatalam.com

nah itulah Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang saya ambil dari beberapa sumber,semoga bisa bermanfaat :D


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://go-budi-blog.blogspot.com/2013/01/beberapa-cara-menghitung-masa-subur.html. Terima kasih!
Baca Juga Artikel Dibawah ini
Ditulis oleh: Budi Wahyono - Tuesday, January 29, 2013

2 komentar untuk "Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita"

  1. Menarik nih artikelnya , terima kasih atas infonya , saya akan sering kunjungi blog ini, Salam - Renovasi 123

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob...terima kasih juga kunjunganya

      Delete

Berkomentarlah kata-kata yang baik dan sopan,diharapkan untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar,terima kasih